membuat pewarna alami


Sekarang ini pewarna atau zat warna pada tekstil sudah sangat berkembang sehingga kita dapat dengan mudah menemukan warna yang bervariasi dari pakaian. Tetapi jangan lupakan juga pewarna yang berasal dari alam yang biasa disebut pewarna alami. Pewarna tersebut walaupun mudah hilang tetapi limbah maupun residunya tidak berbahaya sehingga tidak merusak lingkungan. Oleh karena itu mari kita coba membuat pewarna alami karena caranya sangat mudah dan dapat langsung di praktekkan caranya adalah sebagai berikut :

1. Pertama disiapkan bahan yaitu kunyit atau daun suji sebagai zat warna alami, sabun bayi (untuk proses mordanting), dan tawas atau kapur tohor (untuk proses fiksasi).
2. Dalam membuat zat pewarna alami prosesnya sendiri terdiri dari 3 tahap yaitu proses ektraksi, proses mordanting dan proses fiksasi
3. Pertama prose ektraksi dengan cara menumbuk kunyit yang sudah dikupas lalu dimasukkan ke dalam kira-kira 1000 ml air lalu setelah itu dididihkan hingga larutan berkurang setengahnya setelah itu disaring untuk mengambil cairannya


4. Selanjutnya adalah proses mordanting dengan cara membuat larutan sabun bayi 1 gran dalam 100 ml air setelah itu kain yang akan diberi warna dimasukkan ke dalam larutan ini hingga semalaman. Hal ini berguna agar kain lebih mudah menyerap warna karna tegangan permukaannya telah di kurangi oleh sabun.


5. Lalu kain yang telah direndam di larutan mordanting direndam kembali pada larutan hasil saringan proses ektraksi, kain ini juga direndam selama semalaman.


6. Terakhir kain yang telah direndah di kunyit lalu direndam kembali di larutan fiksasi yang berisi 1 gram kapur tohor atau tawas dalam 100 ml air (hal ini berguna untuk merekatkan warna pada kain).



0 Response to "membuat pewarna alami"

Posting Komentar